DUNIA SMK

Selasa, 22 Agustus 2017

MACAM MACAM PERANGKAT PROSES

Peralatan proses pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan di terima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan atau sama lain. Peralatan proses tersebut di antaranya :

1. Power Supply 


merupakan alat elektronik dari perangkat keras komputer yang mempunyai bentuk persegi/kotak dan terletak pada bagian belakang casing komputer. Fungsi power supply sendiri untuk mengubah arus listrik dari tegangan AC menjadi tegangan DC yang akan di suplai ke perangkat keras komputer. Jenis power supply pun ada 2 macam yaitu : power supply AT dan power supply jenis ATX.


2. Motherboard atau mainboard


adalah papan sirkuit komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang perangkat komputer seperti: memori(RAM), processor, VGA card, I/O, souncard dan lain-lain.


3. Processor/CPU


 merupakan otak dari komputer dengan dibantu oleh komponen - komponen lain. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz, dan semakin besar nilai kecepatan dari processor maka kerja komputer juga semakin cepat.



4. Memori (RAM)



Memori atau RA adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpan data yang bersifat sementara, artinya jika komputer dimatikan maka data yang disimpan di dalam memori akan dihapus secara otomatis. RAM sangat mempengaruhi kecepatan akses komputer sehingga semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat pula kecepatan akses pada komputer.


5. Harddisk

Harddisk merupakan media penyimpanan pada komputer yang bersifat permanen. Harddisk digunakan untuk menyimpan data dan program dengan skala besar.

6. VGA

VGA adalah komponen yang berhubungan dengan peralatan pemroses grafis, sehingga semakin bagus VGAnya maka semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan.

7. Sound Card

Sound Card berfungsi untuk memproses data berupa suara. Dengan Sound Card kita bisa memasukkan data berupada suara atau mengeluarkan output berupa suara



Demikian informasi dari saya semoga bermanfaat bagi kalian semua. Mohon maaf bila ada kesalahan kata.



Note: Artikel ini diambil dari www.mm1it.blogspot.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Process Encapsulation

Adalah process pemecahan suatu pesan kedalam paket-2, penambahan control dan informasi lainnya, dan kemudian mentransmisikan pesan tersebut ...