DUNIA SMK

Selasa, 22 Agustus 2017

TINGKAT BAHASA PEMROGRAMAN

1. Sistem Software

Sistem software adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Contoh : Microsoft Windows, Linux, Machintos

2. Machine Language ( Bahasa Mesin )

Bahasa mesin merupakan representasi tertulis machine code (kode mesin), yaitu kode operasi suatu mesin tertentu. Bahasa ini bersifat khusus untuk mesin tertentu dan “ dimengerti “ langsung oleh mesin, sehingga pelaksanaan proses sangat cepat. Bahasa mesin kelompok komputer tertentu berlainan dengan bahasa mesin kelompok komputer yang lain. Abstraksi bahasa ini adalah kumpulan kombinasi kode biner ” 0 ” dan ” 1 ” yang sangat tidak alamiah bagi kebanyakan orang kecuali insinyur pembuat mesin komputer. Karena tidak alamiah bagi kebanyakan orang, bahasa mesin juga disebut bahasa tingkat rendah.

3. Low Level Language ( Bahasa Tingkat Rendah )

Bahasa jenis ini dirancang agar setiap intruksinya langsung dikerjakan oleh computer, tanpa harus melalui penerjemah (translator). CPU mengambil intruksi dari memori, langsung mengerti dan langsung mengerjakan operasinya. Bahasa tingkat rendah bersifat primitif, sangat sederhana, orientasinya lebih dekat ke mesin, dan sulit dipahami manusia. Sedangkan bahasa rakitan dimasukkan ke dalam kelompok ini karena alasan notasi yang dipakai dalam bahasa ini lebih dekat ke mesin, meskipun untuk melaksanakan intruksinya masih perlu penerjemahan ke dalam bahasa mesin.

Contoh : bahasa Assembly ( Assembler ) dan bahasa mesin.

4. Middle Level Language ( Bahasa Tingkat Menengah )

Bahasa pemrograman yang menggunakan aturan-aturan gramatikal dalam penulisan pernyataan, mudah untuk dipahami dan memiliki intruksi-intruksi tertentu yang dapat langsung diakses oleh computer.

Contohnya adalah bahasa C.

5. High Level Language ( Bahasa Tingkat Tinggi )

Adalah bahasa pemrograman yang dekat dengan bahasa manusia, kelebihan utama dari bahasa ini adalah mudah untuk di baca, tulis, maupun diperbaharui, sebelum bisa dijalankan program harus terlebih dahulu di-compile. Contoh bahasa tingkat tinggi adalah Algol, Fortran, Pascal, Basic, Cobol, PL / 1, RPG.

a. Algol

ALGOL (algorithmic Bahasa) adalah salah satu dari beberapa tingkat tinggi bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk perhitungan ilmiah.

b. Fortran

Fortran ( atau FORTRAN ) adalah untuk keperluan umum, prosedural, imperatif bahasa, pemrograman yang sangat cocok untuk komputasi numerik dan komputasi ilmiah. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1950 dan digunakan dalam bidang sains selama 50 tahun kemudian.

Cobol

COBOL (singkatan dari Common Business Oriented Language) adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga. Sesuai dengan namanya, maka bahasa COBOL mempunyai fungsi menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.

PL / 1

PL / 1 adalah bahasa yang sangat kompleks, dari semua kemungkinan sudut pandangan:

* LexicalLeksikal
* SintrSSSSSssshhhhSintaksis
* Semantik
* PreprocessorPreprocessor

RPG

RPG merupakan singkatan dari Report Program Genarator, yang pada awalnya dikhususkan untuk membuat report-report ( kalau sudah mendalami, akan dirasakan betapa mudahnya membuat report dengan berbagai macam format layaknya crystal report ). RPG adalah bahasa pemrograman High Level yang di-disain untuk keperluan bisnis, biasanya berkolabarasi dengan COBOL, ingat COBOL juga punya aturan ketat dalam penulisan sintaknya, yang menggunakan kolom-kolom dan specification area.


Demikian informasi dari saya semoga bermanfaat bagi kalian semua. Mohon maaf bila ada kesalahan kata.

Note: Artikel ini diambil dari www.mm1it.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Process Encapsulation

Adalah process pemecahan suatu pesan kedalam paket-2, penambahan control dan informasi lainnya, dan kemudian mentransmisikan pesan tersebut ...